Ternyata Ini Dia Penemu Imunisasi




IMUNISASI wajib diberikan kepada manusia sejak lahir. Langkah ini menjadi hal yang membentengi tubuh manusia untuk melawan penyakit.

Ada baiknya kita mengenali sejarahnya. Spesialis Penyakit Dalam Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi SpPD, K-AI, FINASM akan menjelaskan sejarah imunisasi yang perlu Anda tahu.

Imunisasi atau vaksin petama kali ditemukan oleh Edward Jenner melalui eksperimennya di tahun 1796. Ketika itu muncul wabah smallpox yang menyerang manusia di berbagai belahan dunia.

Meski dikenal sebagai penemu vaksin yang begitu terkenal di dunia kedokteran, Edward bukanlah orang pertama yang melakukan upaya pencegahan virus variola.

Setelah era Edward, banyak penemu imunisasi lainnya yang dapat menjaga tubuh manusia dari ancaman wabah penyakit. Perkembangan dan teknologi vaksin pun dibuat sedemikian rupa agar terus memudahkan manusia.

"Seiiring bergulirnya zaman, kemajuan bioteknologi pun ikut berjalan pesat. Ini sangat mendukung vaksin agar lebih baik," ujar dr Samsuridjal dalam buku yang ditulisnya berjudul "Pedoman Imunisasi Pada Orang Dewasa".

Bahkan nantinya, para ahli mengklaim perkembangan vaksin akan terus meningkat. Karena memahami manfaatnya, vaksin sangat berguna melawan penyakit ringan hingga berat.

"WHO pun sudah mencanangkan Expanded Program of Immunization (EPI) sejak tahun 1974. Dengan program itu diharapkan dapat mencegah penyakit yang semakin banyak jenisnya," simpulnya.


http://lifestyle.okezone.com/read/2016/07/04/481/1432154/menguak-sejarah-penemu-imunisasi

0 Response to "Ternyata Ini Dia Penemu Imunisasi"

Posting Komentar