Akibat Pengaruh Obat Tidur, Kakek Ini Halusinasi Kecelakaan Pesawat



Seorang pria berusia 75 tahun di Amerika Serikat membuat insiden setelah melaporkan adanya kejadian kecelakaan pesawat yang ternyata palsu. Setelah diselidiki bukannya ia berbohong melainkan memang baginya nyata karena sedang berhalusinasi.

Laporan yang masuk di saluran gawat darurat 911 menunjukkan bahwa sang pria menelepon pukul dua pagi waktu setempat pada 12 Mei 2016. Kepada operator sang pria bercerita bahwa dirinya sedang tergencet di dalam pesawat rute Renton ke Oregon yang jatuh di tengah lapangan dikelilingi pohon.

Lebih jauh menurut pengakuan sang pria, bersama dirinya ada tiga orang di dalam pesawat dengan kondisi tak sadarkan diri. Ia tak bisa melihat apa-apa yang ada di luar jendela.


Setelah menemukan beberapa kejanggalan dari laporan baru diketahui bahwa sebetulnya tak ada pesawat yang jatuh. Sang pria beberapa waktu kemudian sadar lalu bercerita bahwa dirinya malam itu memang habis mengonsumsi obat Ambien untuk membantunya tidur lelap pasca operasi.

"Pasti terlihat sangat nyata untuknya sampai dia memanggil 911. Mungkin seperti halusinasi yang nyata dan ini bercerita kepada kita beberapa potensi yang tersimpan dalam obat Ambien," kata ahli tidur dr Ganis Mazeika seperti dikutip dari Fox News, Sabtu (9/7/2016).

Ambien sendiri adalah obat yang biasanya jadi andalan untuk pasien insomnia. Studi pada tahun 2013 di Journal of Neuroscience obat diketahui memang bisa meningkatkan aktivitas sleep spindles, fenomena di mana otak aktif pada fase tidur dan diyakini sebagai faktor penting yang berperan dalam membentuk ingatan.

(fds/up)

http://health.detik.com/read/2016/07/09/080213/3249756/763/akibat-pengaruh-obat-tidur-kakek-ini-halusinasi-kecelakaan-pesawat

0 Response to "Akibat Pengaruh Obat Tidur, Kakek Ini Halusinasi Kecelakaan Pesawat"

Posting Komentar