Ini Lho Efek Ganja Terhadap Otak



Jakarta, Dalam beberapa kasus, ganja diklaim bisa mengatasi masalah kesehatan dan diterapkan untuk keperluan medis. Namun dalam perkembangannya kini ganja juga mulai dilihat sebagai sesuatu yang wajar untuk dipakai sebagai bahan rekreasi.

Hal tersebut yang kemudian menjadi perdebatan terutama dari segi kesehatan. Apakah ganja cukup aman dipakai umum? Peneliti terus melakukan studi melihat apa saja yang mungkin bisa ditimbulkan ganja ke otak.

Berikut hasil beberapa studi yang dirangkum detikHealth pada Sabtu (9/7/2016):

1. Gejala psikosis

Beberapa studi menghubungkan penggunaan ganja dengan peningkatan kejadian psikosis, istilah medis untuk kumpulan gejala hilangnya persepsi dengan dunia nyata. Contoh dari hal ini seperti halusinasi atau paranoia.

Dalam sebuah analisis yang dipublikasi di jurnal Schizophrenia Bulletin, peneliti melihat 67 ribu orang dan menemukan mereka yang rutin menggunakan ganja lebih mungkin untuk didiagnosa dengan kondisi kesehatan mental. Satu kondisi yang disebut adalah schizophrenia.

"Secara garis besar, bukti dari studi-studi epidemiologi memberikan bukti kuat yang memperingatkan sebagai pesan kesehatan publik bahwa ganja bisa meningkatkan risiko untuk gangguan psikotik," tulis laporan peneliti dalam jurnal Biological Psychiatry tahun 2016.

2. Memengaruhi IQ

Studi terbaru yang diterbitkan di Jurnal JAMA Internal Medicine mengatakan kebiasaan mengisap ganja saat remaja membuat otak melemah di hari tua. Akibatnya, kemampuan mengingat dan kecepatan berpikir otak semakin menurun.

"Studi dilakukan kepada semua kalangan, pria dan wanita, kulit hitam dan putih, pendidikan tinggi dan rendah. Hasilnya sama, penggunaan ganja saat remaja akan berdampak pada otak di kalau tua," tutur Dr Reto Auer yang melakukan penelitian, dikutip dari CNN.

Studi lain di Selandia Baru menunjukkan hal yang sama. Mereka yang menggunakan ganja mengalami penurunan IQ (Intelligence quotient) secara signifikan. Bahkan penggunaan ganja juga berpengaruh terhadap prestasi sekolah.

Hasil studi menemukan mereka yang menggunakan ganja sebelum berumur 17 tahun memiliki risiko 60 persen tidak menyelesaikan pendidikan. Selain itu, mereka juga 7 kali lebih berisiko melakukan bunuh diri dan 8 kali lebih berisiko menggunakan obat terlarang lain di kemudian hari.

3. Perubahan volume otak

Menggunakan ganja dalam jangka panjang kemungkinan dapat mengubah volume otak seperti disebut dalam studi tahun 2014 di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Setidaknya pada 48 orang dewasa yang menggunakan ganja tiga kali dalam sehari selama sembilan tahun, otak mereka punya volume massa abu-abu (gray matter) yang lebih sedikit.

4. Pengaruhi sistem reward otak

Sistem reward otak adalah bagian yang mengatur respon rasa senang, puas, dan keingan seseorang terhadap sesuatu. Sebagai contoh misalnya rasa senang mengonsumsi coklat, mendapat pujian, dan masih banyak lagi.

Ganja dalam hal ini dilihat oleh studi memengaruhi sistem reward otak cukup besar. Hasil pindaian otak pada partisipan yang telah menggunakan ganja selama rata-rata 12 tahun menunjukkan aktivitas sistem yang lebih besar dibandingkan dengan orang lain umumnya ketika melihat hal yang berhubungan dengan ganja.

"Studi ini menunjukkan bahwa ganja memengaruhi sistem reward alami otak dan membuatnya sebagai hal yang sangat penting untuk pengguna berat," kata dr Francesca Filbey dalam laporannya di jurnal Human Brain Mapping 2016.

5. Picu lapar

Menurut studi yang dilakukan pada tikus pada tahun 2015 konsumsi ganja tampaknya bisa memengaruhi neuron tertentu di otak yang mengatur rasa lapar. Ini mungkin menjelaskan mengapa seseorang yang habis mengonsumsi ganja seringnya merasa lapar.

Peneliti mengatakan pada tikus penggunaan ganja terbukti dapat membuat aktif neuron rasa lapar mereka. Studi lebih jauh diperlukan namun peneliti percaya potensi ini bisa dikembangkan untuk mereka yang punya kondisi kehilangan nafsu makan.

(fds/up)
http://health.detik.com/read/2016/07/09/101643/3249777/763/5-efek-yang-mungkin-bisa-ditimbulkan-ganja-pada-otak

0 Response to "Ini Lho Efek Ganja Terhadap Otak"

Posting Komentar