Mengenal Lebih dalam Bahaya Penyakit Tetanus




KITA sering mendengar istilah tetanus. Namun pastinya tidak tahu arti sebenarnya dan cara penularan penyakit berbahaya itu.

Dalam buku "Pedoman Imunisasi pada Orang Dewasa", Spesialis Penyakit Dalam dr Erwanto Budi Winulyo SpPD mengatakan, tetanus merupakan gangguan neurologis akt yang ditandai oleh meningkatkan tonus otot dan spasme akibat toksin protein yang dihasilkan oleh bakteri clostridium tetani.

"Bakteri ini sensitif terhadap suhu panas dan kebal terhadap zat antiseptik C. Bakteri tersebut bisa muncul dari kotoran hewan dan manusia," terangnya.

Lebih lanjut, imbuhnya, tetanus merupakan penyakit endemis di negara berkembang. WHO memperkirakan ada 1 juta kematian di seluruh dunia pada 1992 akibat tetanus.

"Cara penularan penyakit ini adalah bakteri clostridium tetani masuk ke dalam tubuh manusia melalui luka dalam. Lalu kuman itu menghasilkan toksin yang menyebar lewat aliran darah dan limfe," jelasnya.

Gejalanya, lanjut dr Erwanto, pasien tetanus akan mengalami kaku otot, leher dan perut, demam, selalu berkeringat, hingga obstruksi jalan napas.


http://lifestyle.okezone.com/read/2016/07/04/481/1432178/mengenal-lebih-dalam-bahaya-penyakit-tetanus

0 Response to "Mengenal Lebih dalam Bahaya Penyakit Tetanus"

Posting Komentar