Pingin Langsing, Berhentilah makan 4 Jam Sebelum Tidur

Terus terang ini benar-benar terjadi pada saya, gara-gara kebiasaan ini berat badan saya tumbuh dengan pesat. Ceritanya saya pulang dari kantor antara jam 8 sampai dengan jam 9 malam, sampe dirumah langsung nyicip masakan buatan istri. Dan sekitar jam 11 an, saya baru tidur. Nah berapa jam coba dari tadi saya makan, sekitar 2 – 3 jam an kan. Mungkin itulah yang membuat badan say tambah gendut.

Sampai saya membaca sebuah artikel yang berjudul “Anda Disarankan Berhenti Makan 4 Jam Sebelum Tidur, Ini Alasannya”, yang dimuat di media online Detik ini mengungkapkan untuk berhenti makan 4 jam sebelum waktu tidur. Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak pada artikel dibawah ini, bagi yang ingin mengunjungi web aslinya, saya sertakan link asli dibawah tulisan ini.

Pingin Langsing, Berhentilah makan 4 Jam Sebelum Tidur
Image courtesy of stockimages at FreeDigitalPhotos.net


Anda Disarankan Berhenti Makan 4 Jam Sebelum Tidur, Ini Alasannya

Tren diet yang banyak beredar di dunia maya, terutama media sosial menyarankan untuk mengurangi bahkan memangkas drastis konsumsi karbohidrat agar turun berat badan lebih cepat. Sebut saja diet mayo dan diet paleo.

Dua metode diet ini menekankan pada pola makan tinggi protein dan karbohidrat yang sangat rendah. Penurunan berat badan memang dilaporkan telah dirasakan dengan cepat. Beberapa orang mengaku bobot tubuhnya berkurang drastis hanya dalam waktu satu bulan.

Efektif, iya. Tapi diet yang memangkas salah satu atau dua nutrisi yang diperlukan tubuh setiap hari umumnya tidak bertahan lama. Biasanya hasil diet hanya bertahan sementara dan ketika tidak dilakukan lagi, tubuh kembali ke bobot semula.

Selain itu karbohidrat, yang dianggap sebagai penyebab utama kegemukan sebenarnya tetap diperlukan tubuh dalam jumlah tertentu. Pakar diet dan nutrisi Kristin L. Morris, Ph.D., mengatakan bahwa karbohidrat penting untuk mengganti glikogen (gula darah) yang terpakai selama seseorang beraktivitas.

“Karbohidrat diperlukan tubuh saat tidur untuk mengganti glikogen yang hilang ketika kita beraktivitas di siang hari. Jadi saat bangun di pagi hari tubuh tidak lemas,” jelas Kristin saat peluncuran program BodyKey by Nutrilite di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (15/3/2016).

Baca Artikel Lainnya : Tumor Cepat Tumbuh dan Menyebar Gara-gara Mendengkur

Kristin kembali mengatakan, Anda boleh saja menjalani diet rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Namun sebaiknya hanya dikurangi beberapa persen. Bukan memangkasnya secara drastis.

Asupan karbohidrat setidaknya harus mencapai 30-40 persen dalam kebutuhan harian. Sisanya protein 20 persen atau lebih, dan lemak kurang dari 40 persen (sudah termasuk 20 persen lemak jenuh).

Satu hal lagi yang ditekankan Kristin, Anda sebaiknya berhenti makan kira-kira empat jam sebelum tidur. Makanan yang dimaksud adalah makan malam berat atau minuman yang tinggi kalori.

Alasannya, tubuh memerlukan jeda waktu untuk memroses makanan dan istirahat. Sehingga jika waktu tidur tiba, organ tubuh yang berfungsi menyaring nutrisi makanan dan melakukan detoksifikasi seperti liver, lambung dan ginjal bisa bekerja lebih optimal. (hst/eny)

Source link

0 Response to "Pingin Langsing, Berhentilah makan 4 Jam Sebelum Tidur"

Posting Komentar