Kenapa Orang Gemuk Minumnya Banyak?

Kenapa ya…? Karena emang faktanya seperti itu, bahwa orang yang kelebihan berat badan, pasti perlu minum lebih banyak. Tapi, kalo ditanya lebih detail lagi, pasti anda nggak bisa jawab. Nah, artikel dibawah ini, sdikit banyak bisa memberi jawaban yang lebih ilmiah untuk menjawab pertanyaan diatas.Silahkan disimak….

Berat Badan Berlebih, Konsumsi Cairan Juga Harus Ditambah
Anjuran asupan air minum adalah 8 gelas per hari. Namun bagi orang gemuk dengan berat badan berlebih, asupan cairan yang dibutuhkan bisa jadi lebih banyak.
Berat Badan Berlebih, Konsumsi Cairan Juga Harus Ditambah


Dr dr Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK mengatakan berat badan memengaruhi kebutuhan cairan tubuh. Semakin berat, cairan yang dibutuhkan oleh tubuh akan semakin banyak.

“Rumusnya itu 30 ml per kilogram berat badan. Jadi misalnya berat badan 90 kilogram, asupan cairan yang dibutuhkan kira-kira 2,7 liter,” tutur dr Fiastuti, dalam konferensi pers Indonesian Hydration and Health Conference di Hotel JW Marriot, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/3/2016).

Dijelaskan dr Fiastuti, semakin tinggi berat badan seseorang, cairan yang dikeluarkan tubuh juga semakin banyak. Karena itu juga, orang gemuk dengan berat badan berlebih lebih rentan mengalami dehidrasi.

Baca Artikel Lainnya : Koleksi Foto Strategi Nyontek Dari Berbagai Negara


Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa menyimpan cadangan air, berbeda dengan lemak. Pada orang gemuk, cadangan lemak yang dimiliki lebih banyak. Namun sifat lemak yang sedikit mengandung cairan membuat orang gemuk membutuhkan asupan air lebih banyak.

“Pada lemak itu kandungan air atau cairannya hanya sekitar 40 persen. Sementara kalau otot, cairannya lebih banyak sekitar 70 persen,” tandasnya lagi.

Ketua Indonesia Hydration Working Group, dr Budi Wiweko, SpOG mengatakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tentu saja hal yang harus dilakukan adalah dengan menambah asupan air minum. Patut diingat bahwa air minum bisa berasal dari mana saja, baik itu air sumur yang dimasak, air mineral atau minuman ringan.

“Tapi kalau minuman ringan atau beverages, soft drink itu kan mengandung kalori. Risiko obesitasnya juga besar. Makanya jangan hanya minum saja tapi juga harus ada aktivitas fisiknya supaya kalori yang masuk melalui minuman bisa terbakar dan tidak tersimpan,” paparnya.
Sumber Artikel:
Detik.com

0 Response to "Kenapa Orang Gemuk Minumnya Banyak?"

Posting Komentar