Gara-gara Nonton Drama Korea Diserang Glaukoma

Eit jangan berburuk sangka dulu. Sebenarnya bukan dramanya itu yang menjadi oenyebab, menonton film atau drama-drama lain pun bisa aja terjadi. Yang pasti melakukan sesuatu secara berlebihan termasuk menonton, pasti ada efek sampingya. Karena menonton tv secara berlebihan, membuat malas bergerak bisa jadi terkena obesitas sehingga menimbulkan berbagai penyakit. Nah apa yang dialami oleh serorang wanita di China ini, adalah kerusakan mata yang setelah  menonton Drama Korea secara berlebihan.

Artikel yang bertajuk “Diserang Glaukoma Gara-gara Maraton Drama Korea”, yang dimuat di portal berita Detik ini, mengungkapkan kejadian langka tersebut. Mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran, bahwa ada kegiatan lain dalam mengisi waktu luang selain menonton televisi atau menonton video melalui media lainnya.

Diserang Glaukoma Gara-gara Maraton Drama Korea

Diserang Glaukoma Gara-gara Maraton Drama Korea
Image courtesy of jscreationzs at FreeDigitalPhotos.net
Nanjing, Pecinta drama Korea pasti sepakat pesona aktor aktris dan jalan cerita yang dimiliki drama ini sanggup membuat penonton betah berlama-lama di depan televisi atau komputer. Tetapi bagi wanita ini, menonton drama Korea membawa malapetaka.

Beberapa waktu lalu media China mengabarkan tentang seorang wanita muda yang mengalami kerusakan pada indera penglihatannya setelah menonton drama Korea selama 18 jam.

Wanita ini hanya diketahui bernama Huang dan berasal dari Provinsi Jiangsu, Nanjing. Ia menonton drama Korea lewat tabletnya sepanjang hari tanpa melakukan hal lain. Bahkan ia mengaku hanya mengambil jeda untuk makan.

Di tengah kegiatan, Huang sebenarnya sudah merasakan adanya ketidaknyamanan di matanya, termasuk sakit kepala. Tetapi karena terlalu asyik, ia tak ambil pusing dengan hal itu.

Hingga akhirnya, Huang bangun tidur keesokan harinya dengan keluhan rasa sakit yang menyiksa di kedua matanya dan juga mual. Ia pun memeriksakan diri ke departmen optalmologi Nanjing Hospital.

Di situ dokter mengatakan bahwa kondisinya lebih buruk dari eye strain atau mata lelah biasa. Bahkan ia didiagnosis dengan glaukoma akut yang disebabkan adanya penekanan menumpuk di mata yang bisa mengakibatkan kebutaan. Demikian dilaporkan South China Morning Post.

Sina News memastikan, gangguan penglihatan yang dialami Huang disebabkan oleh kegiatan menonton layar tablet dengan jarak yang terlalu dekat dan durasi yang terlalu lama. Lebih buruknya lagi, wanita ini menonton drama Korea sambil mematikan lampu kamarnya.

Meski pakar tidak pernah menemukan kasus glaukoma akibat menonton televisi atau komputer dalam waktu lama, namun apa yang dialami Huang sejalan dengan hasil temuan baru dari Toho University, Tokyo.

Peneliti menemukan seseorang yang menatap layar komputer lebih dari 9 jam sehari berisiko dua kali lebih besar untuk terkena glaukoma ketimbang mereka yang hanya menatap layar beberapa jam saja.

Studi lain juga mengatakan penderita miopi atau rabun jauh berisiko tinggi mengalami glaukoma, apalagi jika yang bersangkutan juga memiliki kebiasaan menatap komputer atau layar tablet dalam waktu lama seperti halnya Huang.

Namun media setempat tidak melaporkan pengobatan apa yang diberikan kepada Huang, dan bagaimana kabarnya saat ini.(lll/up)

Source link

0 Response to "Gara-gara Nonton Drama Korea Diserang Glaukoma"

Posting Komentar